Sunday, June 9, 2013

BAB IV IDENTIFIKASI PERMASALAHAN SANITASI

BAB IV IDENTIFIKASI PERMASALAHAN SANITASI
3.1       Data dan Informasi Masyarakat
Jumlah penduduk dan rumah tangga berdasarkan hasil pemetaan klasifikasi kesejahteraan di Kelurahan Maricaya Selatan adalah sebagai berikut.
No.
RW
Jumlah Penduduk
Tingkat Kesejahteraan (rumah/KK)
Laki-laki
Peremp.
Total
Kaya
(KK)
Menengah
(KK)
Miskin
(KK)
Jumlah
1.
RW 01
368
405
773
60
50
77
187
2.
RW 02
430
229
659
30
87
70
187
3
RW 03
390
421
811
48
35
88
171
4
RW 04
390
251
641
100
97
190
387
5.
RW.05
548
436
984
38
30
127
195
Jumlah
2.126
1.742
3.868
276
299
552
1.127
Data jumlah penduduk dan kondisi aksesibilitas terhadap sarana air bersih dan sanitasi yang ada di Kelurahan Maricaya Selatan adalah sebagai berikut.

No.
RW
Jumlah
Rumah tangga yang telah mempunyai akses*
Penduduk (jiwa)
Rumah Tangga (rumah/KK)
Sarana Air Bersih (rumah/KK)
Sarana Sanitasi (rumah/KK)
Sarana Persampahan
(rumah/KK)
1.
RW 01
773
187
174
-
1
2.
RW 02
659
187
109
-
1
3
RW 03
811
171
46
-
1
4
RW 04
641
387
65
-
1
5.
RW.05
984
195
50
-
1
Jumlah
3.868
1.127
444
0
5




3.2       Identifikasi Masalah dan Analisis Situasi

Masalah/Isu
Kelompok Masyarakat yg Menghadapi Masalah
Lokasi Terjadi Masalah
Faktor Penyebab Terjadinya Masalah
Upaya Masyarakat Untuk Memecahkan Masalah
Potensi Masyarakat utk Perbaikan/ Peningkatan
Prakiraan Jumlah Penerima Manfaat (KK) dan %
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
1.      Saluran air hujan
Dari Seluruh golongan  masyarakat mulai dari yang kaya,menengah dan miskin
RW04/
RW05
Sebagian besar masyarakat membuang air limbahnya kesaluran drainase sehingga drainase tidak dapat berfungsi secara optimal dan masih terdapat drainase yang rusak, mampet, dan tergenang
Dengan cara mengalirkan melalui saluran drainase
Adanya inisiatif masyarakat untuk melakukan perbaikan sarana drainase dan sebagian masyarakat memiliki kemampuan teknis
414KK / 100%
2.      Air Bersih
Seluruh komponen masyarakat
RW01,02,03,04,
05
Lingkungan RT/RW 02&03/03 berada di dekat kanal dengan kondisi yang buruk sehingga sumur gali/sumur bor masyarakat airnya keruh dan berbau
Pengajuan sarana air bersih keinstansi terkait dan upaya penyambungan ke PDAM
Adanya keinginan dan kesadaran masyarakat untuk mendapatkan sarana air bersih yang layak
.....KK / 90%
3.      Sanitasi
Sebagian masyarakat yang memiliki status tempat tinggal kontrak/kos
RW01/RT01,
02,03,04,06
RW02/RT01,
03,04
RW03/RT01,
04,05
RW04/RT04,
05
RW05/RT01,
02,03
Sarana sanitasi yang ada tidak dapat memenuhi kebutuhan sanitasi karena harus berbagi dengan yang lainnya
Upaya penambahan sarana sanitasi
Adanya keinginan dan kesadaran masyarakat untuk mendapatkan sarana sanitasi yang layak
414KK / 100%

No comments:

Post a Comment