Saturday, September 4, 2010

Sejarah terbentuknya LKM KEMAS / Perjalanan Panjang

LKM KEMAS
Perjalanan Panjang
Perjalanan panjang mewarnai Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di Kelurahan Maricaya Selatan (Kemas). Betapa tidak, kurang lebih 6 bulan waktu yang dibutuhkan mulai dari tahap sosialisasi di tingkat basis RT hingga terbentuknya Pimpinan Kolektif LKM yang diberi nama LKM-Kemas. Enam bulan yang lalu, tepat bulan Juni 2008 bertempat di rumah Ketua LPM Kemas, Bapak Partono Soemaryo dilakukan acara silaturrahmi antara fasilitator dari Tim 16 PNPM dengan para Anggota LPM Kemas dan Tokoh Masyarakat Kelurahan Maricaya Selatan. Dalam acara ini juga dilakukan sosialisasi tentang program PNPM serta mekanisme pembentukan LKM di tingkat Kelurahan Maricaya Selatan.

Ketika itu, yang ada dalam benak segenap anggota LPM adalah sebuah pertanyaan yang kalau dibahasakan kurang lebih berbunyi "Makhluk apa lagi yang dinamakan PNPM itu?". Hal ini wajar saja karena program serupa pernah dilaksanakan di Maricaya Selatan (Marsel), dengan nama P2KP. Setelah melalui diskusi yang cukup alot akhirnya disepakati bahwa atas nama warga Kelurahan Maricaya Selatan (Kemas) LPM Kemas menerima program PNPM ini untuk dilaksanakan.

Gerak langkah untuk melaksanakan program inipun mulai bergulir dengan kegiatan-kegiatan sosialisasi di tingkat RT dan RW. Sosialisasi program ini pertama kali dilaksanakan di RW 4 bertempat di Sekretariat LPM Kemas Lantai III Kantor Kelurahan Maricaya Selatan. jumlah warga yang hadir saat itu cukup memberikan gambaran antusiasme warga menyambut program PNPM ini. Terlebih lagi dalam sesi acara tanya jawab, fasilitator kewalahan memberikan tanggapan atas beberapa pertanyaan warga yang begitu kritis dan bersemangat. Ya, sebuah proses pembelajaran tengah berlangsung. Ini adalah pertanda awal yang baik.

Kegiatan sosialisasi ini tidak berhenti sampai di sini. Fasilitator bekerja ekstra keras lagi karena harus menghadiri beberapa acara yang sudah rutin dilaksanakan oleh warga setiap bulannya seperti Arisan PKK Kemas, Pengajian Majelis Taklim Ibu-ibu di MT Khairunnisaa', MT Babussalam, MT Baitul Aman. Sosialisasi terus berlangsung seakan tak akan berakhir, padahal diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama sudah bisa dilakukan kegiatan Rembug Masyarakat. Pada tahap inilah waktu begitu banyak terbuang sehingga hampir saja semangat yang begitu tinggi untuk merealisasikan program hilang karena urung rembug belum terlaksana. Untung saja ada momentum yang dapat mengembalikan semangat itu sehingga disepakati untuk melakukan penjaringan bakal calon anggota pimpinan kolektif LKM-Kemas di tingkat basis RW sebanyak masing-masing 10 orang.




Penjaringan Bakal Calon di Tingkat Basis (ORW 4) - Fasilitator (Idawaty)

Prosesi ini berlangsung kurang lebih 2 minggu yang diakhiri oleh penjaringan bakal calon di ORW 4 pada tanggal 1 Desember 2008 sehingga terdapat 50 nama utusan bakal calon di tingkat Kelurahan Maricaya Selatan.

No comments:

Post a Comment